Kisah Insfiratif

Kisah Seorang yang Fasik

Terdapat sebuah kisah dalam Bani Israil bahwa telah hidup seorang laki-laki yang sangat fasik, bahkan kefasikanya tidak dapat dicegah oleh siapapun hingga penduduk setempat merasa kewalahan, dan penduduk negri itu hanya mampu pasrah dan berdoa kepada Allah swt. Lalu Allah swt menurunkan wahyu kepada Nabi Musa as “sesungguhnya dalam bani israil terdapat seorang pemuda yang fasik, maka keluarkanlah ia dari negri mereka sehingga mereka tidak tertimpa api siksaan dari kefasikanya”.

Kisah di dalam Kitab Hadiqatul Adzhan

Imam Jamaluddin Muhammad bin Musa bin Muhammad al-Yamani di dalam kitabnya, Hadiqatul Adzhan fi Ahaditsil Akhlaqil Hisani, mengisahkan dari Ayahnya, bahwa ketika Luqman dimerdekakan, tuannya memberi harta kepadanya, lalu Allah Swt. melimpahkan berkah pada hartanya hingga menjadi semakin banyak dan berkembang. Tidak ada seorang pun yang datang kepadanya untuk berhutang, melainkan ia pasti menghutangkan harta kepadanya tanpa tanggungan juga tanpa jaminan. Setiap kali ia hendak menyerahkan hartanya kepada orang yang berhutang, ia selalu berkata, “Ambillah harta ini dengan jaminan Allah Swt. dengan harapan semoga engkau sanggup mengembalikannya kepadaku tahun depan.” Jika orang itu menjawab, “Ya,” maka Luqman langsung menyerahkan harta itu kepadanya. Orang-orang berhutang harta kepada Luqman dengan senantiasa mengambil dan mengembalikannya tepat pada waktunya.

Jibril a.s. Mengajarkan Iman, Islam, dan Ihsan

Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata:Suatu hari, kami duduk di dekat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tiba-tiba muncul seorang laki-laki mengenakan pakaian yang sangat putih, dan rambutnya hitam legam. Tidak terlihat bekas tanda-tanda perjalanan jauh, dan tak seorang pun di antara kami yang mengenalnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: